TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM PENGAJARAN BAHASA INDONESIA DI MA AL-HIKMAH SOE

  • Abdul Hamid Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Heni Purniawati Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Mustamil Snae Universitas Muhammadiyah Kupang
Keywords: Tindak Tutur Lokusi, Ilokusi, Perlokusi

Abstract

Hasil ditemukan tindak tutur direktif dalam pengajaran Bahasa Indonesia di MA Al-HikmahSoe sebagai berikut 1. Jenis tindak tutur representatif sebanya (5) kali, komisif sebanyak (2) kalidan tuturan direktif yang terdapat dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di MA Al-HikmahSoe meliputi, tindak tutur direktif rekrutan sebanyak (5) kali, pertanyaan sebanyak (5) kalimemerintah sebanyak (3) kali. 2. Makna yang terdapat dalam tindak tutur direktif dalam pengajaranBahasa Indonesia di MA Al-Hikmah Soe secara umum merupakan makna gramatikal terkaitpertanyaan-pertanyaan antar guru dan siswa. 1. Bagi siswa, pemanfaatan tindak tutur direktif perluditingkatkan, baik dalam interaksi belajar mengajar di sekolah maupun interaksi masyarakat.Dengan adanya pemanfaatan tindak tutur direktif yang maksimal maka akan menciptakan interaksiyang berjalan lancar. 2. Bagi peneliti lain yang hendak melakukan penelitian, akan lebih baikmengambil waktu penelitian tidak bertepatan dengan bulan Ramadhan dan dalam pengambilan datamemakai alat bantu rekam lebih dari satu.

Published
2021-08-01
How to Cite
Hamid, A., Purniawati, H., & Snae, M. (2021). TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM PENGAJARAN BAHASA INDONESIA DI MA AL-HIKMAH SOE. JURNAL LINGKO : PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA , 3(2), 16-27. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/lingko/article/view/1913

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2