ANALISIS KOMPARATIF ANTARA PROBABILITY DAN NONPROBABILITY DALAM PENELITIAN PEMASARAN
A. Kekurangan dan Kelebihan Probability
Abstract
Penelitian pemasaran memegang peran yang sangat penting dalam konteks bisnis modern saat ini. Untuk mencapai tingkat keakuratan dan manfaat yang diinginkan, sangatlah vital untuk melakukan penelitian ini menggunakan metode yang tepat. Dalam lingkup penelitian pemasaran, terdapat perdebatan yang signifikan antara penggunaan metode probability dan nonprobability. Kedua metode ini memiliki kelebihan dan kelemahan yang berbeda-beda dalam menghasilkan data penelitian yang berkualitas. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk melakukan analisis yang komprehensif guna memahami manfaat dan konsekuensi yang ditawarkan oleh kedua pendekatan ini. Dari analisis ini, nantinya akan dihasilkan pemahaman yang lebih baik mengenai pilihan metode yang lebih sesuai untuk setiap situasi dan kebutuhan validitas dan reliabilitas data yang diperoleh. Hal ini merupakan langkah krusial yang harus diambil untuk memastikan hasil penelitian pemasaran dapat menjadi panduan yang akurat dan berguna bagi pengambilan keputusan bisnis.
References
Akdon & Riduan. 2009. Rumus dan Data dalam analisis statistika. Bandung: Alfabeta.
Alifia Seftrin Oktriwina, Kapan simple random sampling baik digunakan dalam riset pasar?, https://glints.com/id/lowongan/simple-random-sampling-adalah/, Glints, dikases pada 10 mei 2024
Andika, K. F., Basori, & Efendi, A. (2018). Pengaruh keaktifan mahasiswa dalam organisasi dan prestasi belajar terhadap kesiapan kerja mahasiswa program studi pendidikan teknik informatika dan komputer Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan, (69). Diambil dari https://jurnal.uns.ac.id/jptk/article/view/19570
Chris B. Murphy, Pros and cons of stratified random sampling, https://www.investopedia.com/ask/answers/041615/what-are-advantages-and-disadvantages-stratified-random-sampling.asp, Investopedia, diakses pada 10 Mei 2024
Gramedia. (n.d.). Memahami Analisis Komparatif: Langkah-Langkah, Kelebihan, Kelemahan dan Hambatan Penelitian.
Hitesh Bhasin, quota sampling – Definition, meaning, advantages, disadvantage, https://www.marketing91.com/quota-sampling/, marketing 91, diakses pada 10 mei 2024
Iqbal & Misbahudin. 2004. Analisis data penelitian dengan statistik edisi ke-2. Jakarta: Bumi Aksara
Julia simkus, stratified random sampling: definition, method & examples, https://www.simplypsychology.org/stratified-random-sampling.html, simply psychology, diakses pada 10 mei 2024
Kledo. (n.d.). Pengertian Analisis Komparatif, Manfaat, dan Tips Melakukannya.
Olahstat. (2023). Probability Sampling vs Nonprobability Sampling: Mana yang Lebih Tepat
Sugiyono. 2017. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
Yusuf abdul aziz, Snowball sampling: pengertian, kelebihan, kelemahan, jenis dan contoh, https://deepublishstore.com/blog/snowball-sampling-adalah/, deepublish store, dikases pada 10 mei 2024