Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajarana Bahasa Indonesia pada Materi Menghemat Air kelas II UPTD SDI OEBA 2 Kupang memalui penerapan ini model STAD (student Teams Achieveiment Division). Penelitian ini merupakan peneltian tindakan kelas yang dilakukan di UPTD SDI OEBA 2 Tahun Ajaran 2023/2024. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan hasil belajar dan lembar observasik dukumentasi dan pengamatan hasil belajar siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan dengan pengumpulan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievent Division) serta perangkat pembelajaran berupa ATP, Modul Ajar, LKPD,. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari setiap aspek yang telah ditentukan. Pada siklus pertama sebanyak nilai presentase ketuntasan 50% dan siklus kedua meningkat menajdi 95% dengan kategori baik sekali. Dari hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa penerapan model STAD (student Teams Achievent Division) berbantuan media audio untukĀ  meningkatkan hasil belajar siswa kelas II di UPTD SDI Oeba 2 kupang Tahun Ajaran 2023/2024.

Keywords

STAD Media Audio Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Ate, A. M., Muhsam, J., & Uslan. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Audio Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Mimbar PGSD Flobamorata, 2(2), 119-124. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mpf/article/view/1759