Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Assure Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Kelas lll SDN Oesapa kecil 2 kupang Tahun Ajaran 2023/2024. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas lll SDN Oesapa kecil 2 Kupang yang berjumlah 24 siswa yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini yaitu siswa kelas lll Oesapa kecil 2 Kupang yang di tentukan. Dalam penelitian ini berdasarkan kesamaan rata-rata pemahaman matematis siswa. Instrument pada penelitian ini yaitu tes pemahaman matematis siswa materi Luas permukaan suatu bidang mata pelajaran matematika. Data yang di peroleh dianalisis dengan menggunakan analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus l sebanyak 9(29,41%) siswa yang tuntas, 15(70,58%) siswa yang tidak tuntas. Jumlah presentasi siswa tersebut meningkat pada siklus ll menjadi 22(82,35%) siswa yang tuntas,. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa Model Assure dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa kelas lll SDN Oesapa kecil 2 kupang Tahun Ajaran 2023/2024.