Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe BRAIN BASED LEARNING (BBL) siswa kelas V SD GMIT Oetefu Besar Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) dengan desain penelitian model BRAIN BASED LEARNING (BBL) Tanggart dan Kemmis yang dilaksanakan pada Prosedur dalam penelitian ini meliputi perencanaan , tindakan, observasi, tes hasil belajar, angket 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 20 orang. Dalam pembelajaran siswa mempelajari materi ekosistem pada makhluk hidup. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi aktivitas belajar, tes dan angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I tingkat aktivitas guru siklus 1 mencapai jumlah  presentase 78,3%  dan aktivitas guru pada siklus II 88,8% . Aktivitas siswa siklus 1 memperoleh nilai rata-rata 68,45% sedangkan aktivitas siswa pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 84,43%. Angket respon guru mencapai jumlah presentase 81,9% dan angket respon siswa mencapai jumlah presentase 80%. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran BRAIN BASED LEARNING (BBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD GMIT Oetefu Besar Tahun Ajaran 2023/2024.

Keywords

Brain Based Learning BbL Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Tanau, V. E., Meilani, D., & Muhsam, J. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Brain Based Learning (BbL) Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 5 Ekosistem Kelas V SD GMIT Oetefu Besar Tahun Ajaran 2023/2024. Mimbar PGSD Flobamorata, 2(2), 146-150. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mpf/article/view/1764