Main Article Content

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan media kartu bergambar tema panas dan perpindahanya sub tema pengaruh kalor terhadap kehidupan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Mi Al Fitrah Oesapa Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini di lakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan subjek penelitian peserta didik kelas V Mi Al Fitrah Oesapa dengan jumlah peserta didik 28 orang. Hasil penelitian pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 58% dengan ketuntasan 42%. Hasil observasi aktivitas peserta didik di peroleh 45% dan hasil observasi aktivitas guru memperoleh presentase 51% dari hasil analisis menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik di katakan masih di bawah standar, dilihat dari ketuntasan harus mencapai indikator keberhasilan 68%. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik mengunakan model pembelajaran inkuiri berbantuan media kartu bergambar tema panas dan perpindahanya sub tema pengaruh kalor terhadap kehidupan mata pelajaran IPA dikatakan tuntas dan mencapai indikator ketuntasan 82% hasil observasi aktivitas peserta didik memperoleh presentase 89% sedangkan angket respon peserta didik memperoleh presentase 90% jadi penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan media kartu bergambar pada tema panas dan perpindahanya di kelas V Mi Al Fitrah Oesapa tahun ajaran 2023/2024

Article Details

How to Cite
Bere, D. I., Nuriyah, & Kenedi. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Kartu Bergambar Tema Panas Dan Perpindahannya Sub Tema Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI Al Fitrah Oesapa Tahun Ajaran 2023/2024. Mimbar PGSD Flobamorata, 2(2), 175-178. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mpf/article/view/1769