Main Article Content

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan papan pintar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 7 struktur pencernaan organ manusia di kelas V SD Muhammadiyah 2 Kupang tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini diakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri 2 siklus dengan subjek penelitian peserta didik kelas V SD Muhammadiyah 2 Kupang dengan jumlah peserta didik 25 orang. Hasil penelitian pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 61,2 dengan ketuntasan klasikal 40%. Hasil observasi aktivitas peserta didik di peroleh presentase 40,18%  dan hasil observasi aktivitas guru memperoleh presentase 56% dari hasil analisis menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik di katakan masih dibawah standar, dilihat dari ketuntasan klasikal harus mencapai indikator keberhasil 80%. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran project based learning berbantuan papan pintar pada tema 7 struktur pencernaan organ manusia sub tema 3 mata pelajaran IPA dikatakan tuntas dan mencapai indikator klasikla sebesar 92%  hasil observasi aktivitas peserta didik memperoleh presentase 84.7% sedangkan angket respon peserta didik memperoleh presentase 90% jadi penerapan model pembelajaran project based learning berbantuan papan pintar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 7 struktur pencernaan organ manusia di kelas V SD Muhammadiyah 2 Kupang tahun ajaran 2023/2024

Keywords

Project Based Learning PJBL Papan Pintar

Article Details

How to Cite
Erwinda, S., Nuriyah, & Kenedi. (2024). Penerapan model pembelajaran project based learning (PJBL) berbantuan papan pintar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema pencernaan organ manusia. Mimbar PGSD Flobamorata, 2(2), 179-183. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mpf/article/view/1770