Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar peserta didik tema 8 peristiwa dalam kehidupan kelas V SD Gmit Oetefu Besar Kecamatan Semau Selatan Kabupaten Kupang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pra-ekperimen dengan bentuk one group pretest dan posttest. Sampel penelitian ini adalah murid kelas V SD Gmit Oetefu Besar yang berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Hasil penelitian rata-rata untuk kelas pretest adalah 62,00, dan kelas posttest dengan rata-rata 72,50. Dengan berdasarkan hasil uji analisis statistik diperoleh bahwa kedua data berdistribusi normal dan homogen, sehingga pengujian hipotesis dapat dilakukan dengan menggunakan uji independen sampel t-test. Hasil perhitungan uji-t pretest-posttest pada taraf signifikansi 0.05 dengan df 38 di peroleh nilai sig. 0.000<0.05 sehingga dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan H1 di terima. Maka dapat disimpulkan bahwa setelah perlakuan ada pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran problem solving dengan hasil belajar yang tidak menggunakan model pembelajaran problem solving.

Article Details

How to Cite
Ramadiansyah, Aiman, U., & Tabun, M. (2024). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Tema 8 Peristiwa Dalam Kehidupan Kelas V SD GMIT Oetefu Besar Kecamatan Semau Selatan Kabupaten Kupang. Mimbar PGSD Flobamorata, 2(2), 193-200. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mpf/article/view/1772