Main Article Content
Abstract
Tujuan ini dalam penelitian untuk mendeskripsikan dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas lV SD Inpres Oesapa Kecil 1 melalui penggunaan model pembelajaran talking stick pada mata Pelajaran IPASĀ materi Energi Yang Bergerak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Tindakan kelas dengan tahap pelaksanaan meliputi perencanaan, pelaksanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi. PenelitianĀ ini dilaksanakan dalam dua siklus. Dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas lV SD Inpres Oesapa Kecil 1 dengan jumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yangdi gunakan dalam penelitian ini adalah observasi,Tes, wawancara serts instrument yang di gunakan adalah lembar observasi dan tes. Untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dapat di ketahui dengan membandingkan jumlah nilai yang di peroleh siswa dengan jumlah skor maksimal kemudian di kalikan 100. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran talking stick pada mata Pelajaran IPAS materi Energi Yang Bergerak. Hal ini dapat di lihat pada hasil belajar siswa siklus 1 di peroleh ketuntasan belajar siswa dengan nilai rata- rata 4,96% dengan jumlah siswa yang tuntas 10 orang. Sedangkan pada siklus 2 diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 83,38% dengan jumlah siswa yang tuntas 27 orang. Dari siklus 1 ke silkus ll mengalami peningkatan sebesar 15%. Dengan demikian penelitian Tindakan kelas ini berhasil, sehingga peneliti mengatakan bahwa penerapan dan penggunaan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPAS materi Energi Yang Bergerak.