Main Article Content

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang penerapan metode time token Arends dalam pembelajaran ipasr. Hal tersebut, menjadi pokok masalah dalam penelitian ini. Selanjutnya, melalui penelitin ini dapat diuraikan mengenai peningkatan hasil bealajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 2 Kupang. Dengan demikian, tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan kemmpuan berbicara siswa pada proses pembelajaran dengan motode time token Arends dengan menggunakan media kartu untuk berbicara. Jenis penelitian adalah kuantitatif PTK dan desain yang digunakan adalah quasi PTK design, metode yang dipilih dalam penelitian ini adalah Uji Paired Sampel T Test, yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVdengan jumlah 18 orang sebagai kelas PTK dan siswa kelas IV dengan jumlah 18 orang sebagai kelas kontrol. Data Haasil  bealajar siswa yang diperoleh dari hasil posstest yang berbentuk pertanyaan, dan untuk data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil posstest berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukan perbedaan hasil belajar sebesar 8,380 untuk kelas eksperimen, dan 3.745 untuk kelas kontrol. Hal ini di buktikan dengan nilai hasil uji beda (t), dari perhitungan di atas didapatkan tobtained= 0.00sedangkan tsignifikan= 0,05 Sehingga bila dimasukkan pada rumus hipotesis tobtained > tzignifikan, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah terdapat peningkatan hasil belajar siswa antara kelas IV yang menggunakan model pembelajaran Time Token Arends dengan siswa kelas IV yang tidak menggunakan model pembelajaran Time Token Arends. Dari hasil penelitian mer ekomendasikan pembelajaran dengan menggunakan model Pembelajaran Time Token Arends dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa, sebaiknya dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran IPAS

Keywords

Time Token Arends Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar IPAS PTK

Article Details

How to Cite
Tamonob, A., Uslan, & Hasyda, S. (2025). Penerapan Metode Time Token Arends Pada Pembelajaran Ipas Materi Bagian Aku Dan Kebutuhanku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Flobamorata, 3(1), 1-5. https://doi.org/10.51494/mpf.v3i1.2142