Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V UPTD SD Negeri Oeba 3 pada mata pelajaran IPAS, dari hasil observasi pra siklus guru telah  mengunakan  model pembelajaran yang ada di sekolah tetapi nilai peserta didik belum mencapai KKM 75. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas  yang bertujuan untuk  mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dalam  meningkatkan hasil belajar peserta didik  pada mata pelajaran IPAS, didik  pada Topik A Bagaimana Bernapas Membantuku Melakukan Aktivitas Sehari-Hari di Kelas UPTD SD Negeri Oeba 3  melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Alat Peraga Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas yang diperoleh peserta didik sebelum penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Alat Peraga, pada tahap pratindakan berdasarkan hasil observasi hasil belajar peserta didik, masih dibawah standar KKM 75. Pada hasil tes siklus I rata-rata perolehan 61,25% Pada siklus II nilai rata-rata 83,5%. Hal ini kriterianya mencapai ketuntasan yang sangat baik yang sudah mencapai indikator keberhasilan nilai rata-rata diatas KKM 75 sebanyak > 84,1% dari jumlah peserta didik 20 orang. Hal ini membuktikan bahwa Penerapan model Problem Based Lerning berbantuan media alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Topik A Bagaimana Bernapas Membantuku Melakukan Aktivitas Sehari-Hari Kelas V UPTD SD Negeri Oeba 3.

Keywords

Problem Based Learning; Props; Learning Outcomes; Elementary School

Article Details

How to Cite
Taib, M., Aiman, U., & Yani, A. (2025). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Flobamorata, 3(1), 6-10. https://doi.org/10.51494/mpf.v3i1.2143