Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kemampuan  peserta didik masih rendah kelas III SD Muhammadiyah 1 Kupang  pada pembalajaran IPS, dari observasi pra siklus guru telah menggunakan model pembelajaran tetapi nilai peserta didik belum mencapai KKM 75. Berdasarkan rumusan masalah diatas maka, tujuan penilitian adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan  peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan LKS  kelas III di SD Muhammadiyah 1 Kupang Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik pada mata pelajaran IPS,  kelas III SD Muhammadiyah 1 Kupang  melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Pada tahap pratindakan berdasarkan hasil penelitian kemampuan peserta didik masih di bawah standar belum mencapai indikator keberhasilan yang di tentukan yaitu 75 dan KKM 75. Pada hasil tes siklus I rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik adalah 62,5%. Pada siklus II nilai rata-rata peserta didik 93,75% dengan kriteria ketuntasan yang sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu 75.KKM 80% sebanyak >  85% dari jumlah peserta didik 16 orang. Kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan kemampuan  peserta didik kelas III SD Muhammadiyah 1 Kupang  tahun ajaran 2023/2024.

Keywords

Cooperative learning; CAR; Learning outcomes, Make a Match

Article Details

How to Cite
Sebu, S., Arifin, & Muhsam, J. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Lks Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Flobamorata, 3(1), 11-16. https://doi.org/10.51494/mpf.v3i1.2147