Main Article Content
Abstract
Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran cooperative script berbantuan media pembelajaran pop upĀ dalam meningkatkan keterampilan menyimak Peserta didik kelas IV SDN Naikoten 1 kupang Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, Kuantitatif dengan melalui tahap yakni observasi dan instrument pengumpulan data adalah cara yang digunakan peneliti untuk memperoleh data . penelitian ini di laksanakan di SDN Naikoten 1 pada kelas IV C dengan jumlah siswa 31 orang. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan presentase ketuntasan hasil keterampilan menyimak pada setiap siklus. Dilihat dari presentase dari tahap siklus I presentase ketuntasan 26% dengan rata-rata 60%. Pada siklus II presentase ketuntasan hasil keterampilan menyimak mencapai 87% dengan rata-rata 89%. Sedangkan untuk aktivitas guru dan peserta didik juga mengalami peningkatan dilihat dari hasil aktivitas guru siklus I yaitu 68% dan aktivitas peserta didik siklus I yaitu 70% kemudian pada siklus II aktivitas guru mencapai 87% dan aktivitas peserta didik siklus II mencapai 92%. Berdasarkan hasil peneliti ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative script berbantua media pembelajaran pop up dapat meningkatkan hasil keterampilan menyimak peserta didik pada materi asal ususl nenek moyang kita di kelas IV SDN Naikoten I.