Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1.) menghasilkan media pop up book untuk meningkatkan minat baca peserta didik kelas IV SDN Oesapa Kecil 2, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran pop up book serta kepraktisan dan efektifitas media dalam tahap uji coba terhadap guru dan peseta didik sebagai responden. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan ( research and development) dengan mengacu pada model 4D. Selanjutnya, model tersebut dimodifikasi menjadi tiga tahap (3D), yaitu: (1) define, (2) design, dan (3) develop. Media pembelajaran yang dikembangkan, divalidasi oleh dua orang validator yang masing-masing validator melakukan validasi terhadap media dan materi.Subjek uji coba penelitian ini ditujukan kepada guru dan peserta didik kelas IVC.Instrument yang digunakan untuk mengumpulkandata adalah pedoman wawancara, angket, dan dokumentasi.Teknik analisis data yaitu kuantitatif dan deskriptif.Media pembelajaran yang dikembangkan ini, dinilai kelayakannya oleh ahli media, ahli materi, uji coba produk dengan guru dan peserta didik sebagai responden. Hasil analisis uji kelayakan media pembelajaran pop up book berdasarkan penilaian: 1) ahli media 75,5% kategori ‘’baik’’, 2) ahli materi 78,5% kategori ‘’baik’’, 3) respon peserta didik  84 kategori ‘’sangat baik’’, 4) uji coba kepraktisan 84% kategori ‘’sangat baik’’, 5) peningkatan minat baca 71 kategori ‘’baik’’, 6) uji coba efektifitas media 77,3% kategori ‘’efektif’’. Dengan demikian, media pembelajaran pop up book yang dikembangkan dinyatakan ‘’Layak’’ digunakan dalam pembelajaran terutama meningkatkan minat baca peserta didik.

Keywords

Pop up book; Reading interest, Elementary School

Article Details

How to Cite
Tampani, L., Arifin, & Letasado, M. R. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Flobamorata, 3(1), 22-29. https://doi.org/10.51494/mpf.v3i1.2149