Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation berbantuan media Diorama pada siswa kelas IV SD GMIT Oebufu kupang , jenis penelitian ini adalah Penilitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini laksanakan di kelas IV SD GMIT Oebufu Kupang. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes akhir siklus. Teknik analisis data adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif, instrument penelitian menggunakan lembar observasi, lembar soal/LKPD, dalam bentuk pilihan ganda yang diberikan kepada peserta didik secara individu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SD GMIT Oebufu Kupang setelah menerapkan model pembelajaran Group investigation berbantuan media Diorama nilai hasil belajar siklus I yang dimana siswa yang tuntas sebanyak 14 anak pada pencapaian 53,84% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 12 anak pada pencapaian 46,15% . sedangkan nilai hasil belajar siswa pada siklus II dimana peserta didik yang tuntas 25 anak dengan pencapaian 96,15% dan yang tidak tuntas 1 anak dengan pencapaian 4,84% . Aktivitas guru siklus I 68 % dengan kategori cukup baik dan siklus II mencapai 93,33% dengan kategori sangat baik. Sedangkan observasi aktivitas peserta didik siklus I mencapai 67,69% dengan kategori cukup dan siklus II mencapai 87,69% dengan kategori sangat baik dan indikator dan telah sesuai dengan indikator keberhasilanyang di tetapkan yai 80%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Group investigation berbantuan media Dioraman dapat meningkatkan hasil belajar siswa IPAS pada siswa kelas IV SD GMIT Oebufu Kupang.