Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IIIB SD Inpres Oeba 2 pada mata pelajaran PPKn, oleh hasil observasi guru telah menngunakan model pembelajaran yang ada di sekolah tetapi nilai peserta didik belum mencapai KKM 70. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn. Bab IV Bagaiman mendapatkan semua hak dan kewajiban kita, kewajiban dan hakku dirumah dikelas III SD Inpres Oeba 2 melalui penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Pada hasil tes siklus I rata-rata perolehan nilai siswa ialah 63% pada siklus II nilai rata-rata 85%. Hal ini kriterianya mencapai ketuntasa  n yang sangat baik yang sudah mencapai indikator keberhasilan nilai rata-rata KKM 70>85 dari jumlah peserta didik 17 orang. Kesimpulan, bahwa penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada tema IV kewajiban dan hakku kelas IIIB SD Impres Oeba 2 Tahun ajaran 2023/2024.

Keywords

Problem Based Learning; Learning Outcomes; Elementary School

Article Details

How to Cite
Mete, A. I., Ahmad, R. A. R., & Tolan, F. D. J. S. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tema IV Kewajiban Dan Hakku Pelajaran Ppkn Di Kelas III Sekolah Dasar . Mimbar PGSD Flobamorata, 3(1), 36-39. https://doi.org/10.51494/mpf.v3i1.2151