Main Article Content

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah sejauh mana penerapan model pembelajaran contextual teachng and learning berbantuan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa dikelas iv sd inpres oepoi. Adapun tujuan dalam pembelajaran ini adalah untuk mengetahui hail belajar siswa setelah menerapkan model contextual teachng and learning berbantuan media gambar topik 5 cerita tentang daerahku. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang di laksanakan melalui dua siklus.teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan angket.teknik analisis data menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Dalam siklus i hasil tes peserta didik mencapai 30% sedangkan, pada siklus ii hasil tes peserta didik mencapai ketuntasan 92% dengan kategori sangat baik. Model pembelajaran contextual teachng and learning (CTL) lebih efektif digunakan daripada model konvensional untuk melatih siswa untuk aktif berdiskusi, melatih siswa agar berani menyampaikan pendapat atau pengetahuannya didepan kelas, dan melatih siswa untuk belajar menghargai orang lain yang sedang menyampaikan pendapatnya. Keberhasilan ini ditandai dengan keaktifan peserta didik dan lebih fokus pada saat proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran contextual teachng and learning (CTL) dengan berbantuan media gambar. Hal ini menunjukan bahwa kegiatan tindakan pembelajaran siklus ii telah mencapai standar ketuntasan keberhasilan yang ditetapkan. Maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian yang dilaksanakan di sd inpres oepoi kota kupang dengan menerapkan model pembelajaran contextual teacing and learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus i memiliki perolehan nilai 50% dan pada siklus ii memperoleh nilai 86,15%. Dengan kriteria ketuntasan yang sangat baik. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran contextual teacing and learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords

Contextual Teaching And Learning; Learning outcomes; Elementary school

Article Details

How to Cite
Moko, A. N., Meilani, D., & Muhsam, J. (2025). Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Pada Topik 5 Cerita Tentang Daerahku . Mimbar PGSD Flobamorata, 3(1), 40-44. https://doi.org/10.51494/mpf.v3i1.2152