Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapan model pembelajaran Value Clarification Techinique  (VCT) berbantuan media power point untuk meningkatkan hasil belajar Pkn Siswa pada Tema 3 Benda di Sekitarku Sub Tema 1 Aneka Benda disekitarku Kelas III SD Inpres Oesapa Kecil 1 Tahun Ajaran 2022/2023, dari hasil observasi pra siklus guru menggunakan model pembelajran konvensional sehingga hasil belajar siswa belum mencapai KKM 70. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pkn, tema 3 Benda di sekitarku, subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku di Kelas III SD Inpres Oesapa Kecil 1 melalui penerapan model pembelajaran Value Clarification Techinique (VCT). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Value Clarification Tachnique (VCT) dengan bantuan media power Point dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini dapat diketahui dari peningkatan hasil belajar siswa pada masing-masing siklus. Pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 69,40%, dan siklus II memperoleh nilai rata-rata  90,80%. Pada siklus I rata-rata peningkatan ketuntasan belajar sebesar 40%, dan pada siklus II sebesar 96%. Peningkatakan ini telah melampaui indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 80% tuntas belajar dengan rata-rata KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) adalah 70.

Keywords

Value Clarification Technique; Power Point; Learning Outcomes; PKn; Elementary School

Article Details

How to Cite
Dinik, M. K., & Nuriyah. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Berbantuan Media Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Flobamorata, 3(1), 45-49. https://doi.org/10.51494/mpf.v3i1.2153