Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning yang dilaksanakan bersama guru di SD Inpres Mnelalete.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan secara bertahap melalui 2 siklus.Setiap siklus dilakukan secara bertahap dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observer/evaluasi, dan diakhiri refleksi.Subjek penelitian berjumlah 25 siswa yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda dengan laki-laki 14 siswa dan perempuan 11 siswa.Tahapan-tahapan yang dilakukan sesuai prosedur.Model pembelajaran Discovery Learning . Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dibuktikan dengan rata-rata pada siklus I adalah 51,4% meningkatkan pada siklus II menjadi 84,6% berada dikategori “Sangat Baik”. Berdasarkan temuan-temuan pada saat penelitian dapat disimpulkan bahwa menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Mnelalete pada mata pelajaran IPA Materi Panas Dan Perpindahannya. Hasil ini diharapkan dapat memberikan dampak bagi siswa dan memberikan wawasan bagi guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran di sekolah.