Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini, 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Introduction untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa, 2) Untuk mengetahui model pembelajaran Problem Based Introduction dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Subjek dalam penelitian ini peserta didik kelas Xl IPS 1 berjumlah 27 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Dimana pada setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan dan di akhir pertemuan diadakan evaluasi atau tes akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa keaktifan siswa pada pertemuan Pra Siklus yaitu total nilai 1.449 dengan rata-rata 53,66 kategori kurang aktif, total nilai Siklus 1 Pertemuan Pertama 1.732 dengan rata-rata 64,14 kategori cukup aktif, total nilai Siklus 1 Pertemuan Kedua 1.899 dengan rata-rata 70,33 kategori aktif, sementara itu pada siklus ke ll total nilai pada pertemuan Pertama Siklus ll 2.931 dengan rata-rata 82,62 kategori aktif, dan selanjutnya total nilai pada Pertemuan Kedua Siklus ll sebesar 2.448 dengan rata-rata 90,66 kategori sangat aktif. Sementara itu pada hasil belajar siswa pada pertemuan Pra Siklus total nilai sebesar 1.855 dengan rata-rata 68,70 dan Siklus 1 total nilai 1.985 dengan rata-rata 73,51 sedangkan Siklus llĀ total nilai 2.230 dengan rata-rata 82,59. Hasil ini telah mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan peneliti yaitu 80% diatas KKM 75.
Keywords
Article Details
References
- Amalia, F., Saukani, & Salminawati. 2018. Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI di SMP Ar-Rahman Percut. At-Tazakki, 2(1), 34-46.
- Arikunto, Suharsimi. 2016. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
- , Suharsimi. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
- Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No. 2 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
- Fauzia, H. A. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal Primary, 7(1), 40-47.
- Harmalik, O. 2017. Kurikulum Dan Pembelajaran. Bandung : Bumi Aksara.
- Hendrikus, Pous. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Introduction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kewarganegaraan. Jurnal Gatra Nusantara. 18(2): 1-5.
- Hobri. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jember : CSS Jember.
- I. Ketut, K. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Introduction Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn. Indonesian Journal Of Educational Research and Review. 3(1): 1-7.
- Kurniawati, Y. 2017. Hubungan Keaktifan Siswa Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (Jim) Pendidikan Fisika. 2(2). 243-246.
- Nuryanto. 2016. Pendekatan Scientifik Berbasis Lesson Study Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Konteks Peningkatan Profesional Guru. Jurnal Elemertary, Vol. 2 Edisi 3 Januari 2016.
- Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Mengajar. Bandung : Alfabeta. . 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
- Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, M. M. 2018. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Geometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas X11-IPA-B SMA Kampus Teluk Dalam Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Kertas Millimeter. Jurnalo Education And Development, Vol.6 No.1, 90-91. Institute Pendidikan Tapanuli Selatan.