Main Article Content

Abstract

Perguruan Tinggi Muhammadiyah Kupang adalah salah satu Perguruan Tinggi Islam yang terkenal dan terbesar yang berdiri sejak tahun 1987 di Wilayah Nusa Tenggara Timur. Kehadiranya memberikan angin segar bagi umat muslim diwilayah tersebut, karena dapat memberikan kontrubisi yang terbaik untuk pengembangan pendidikan Islam. tidak hanya diminati oleh umat muslim saja akan tetapi yang lebih menarik adalah umat non-muslim lebih beranimo
untuk masuk ke Perguruan Tinggi Islam tersebut. padahal disekitar perguruan tersebut telah berdiri sejak lama, terbesar dan terkenal yaitu perguruan tinggi yang bernaung langsung dibawah agama Katolik dan Protestan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui serta mendeskripsikan sejarah singkat berdirinya, konsep pengembangan serta perannya terhadap pengembangan pendidikan islam. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif,
dengan bantuan sebagian analisisnya, menggunakan pendekatan Kuantitatif sedangkan teknik pengumpulan datannya melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa Perguruan Tinggi Muhammadiyah Kupang didirikan bukan saja untuk orang Muhammadiyah atau Islam tetapi yang lebih penting adalah untuk kaum dhuafah, orang miskin dan untuk umat semua umat di Nusa Tenggara Timur. Dengan konsep rahmatan lil aalamin dan konsep organisme yaitu merujuk pada al-qur’an dan hadits serta ijma. Dan perguruan tersebut memiliki peran yang sangat urgen terhadap pengembangan Pendidikan Islam.

Keywords

Perguruan Tinggi, Pengembangan dan Pendidikan Islam

Article Details

How to Cite
Anton. (2020). Perguruan Tinggi Muhammadiyah Dan Perannya Terhadap Pengembangan Pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 3(1). Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/22