Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan keterampilan dasar mahasiswa calon guru dengan menggunakan metode tutor sebaya pada mata kuliah microteaching yang meliputi: (1) keterampilan bertanya, (2) keterampilan memberi penguatan, (3) keterampilan mengadakan variasi, (4) keterampilan menjelaskan, (5) keterampilan membuka dan menutup pelajaran, (6) keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, (7) keterampilan mengelola kelas dan (8) keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif model Milles dan Huberman. Hasil yang diperoleh dalam penelian ini menunjukkan bahwa dari 8 keterampilan dasar mengajar, keterampilan yang telah dikuasai adalah keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya, keterampilan memberi penguatan, dan keterampilan mengadakan variasi. Sedangkan keterampilan mengelola kelas, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, dan keterampilan mengajar kelompok kecil perorangan belum dapat diterapkan dengan baik. Demikian halnya dalam penyusunan RPP dan LKS masih banyak yang perlu diperbaiki.

Keywords

Keterampilan Mengajar, Tutor Sebaya, Microteaching

Article Details

How to Cite
Arifin, A., & H. Umar, M. R. (2019). PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA PADA MATAKULIAH MICROTEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISAWA CALON GURU. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 4(1), 38-46. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/241