ANALISIS GAYA BAHASA PERBANDINGAN DALAM NOVEL “PINGKAN MELIPAT JARAK” KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO

  • Lukas Bole Taba
  • Ramadhan Jamhar
Keywords: Gaya, Bahasa, Perbandingan, Novel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa perbandingan yaitu gaya bahasa persamaan, gaya bahasa metafora, gaya bahasa personifikasi, gaya bahasa sinekdoke totum pro parte, gaya bahasa metonomia, dan gaya bahasa hiperbola, dalam novel “Pingkan Melipat Jarak” karya Sapardi Djoko Damono.

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah : 1) membaca novel Pingkan Melipat Jarak karya Sapardi Djoko Damono secara berulang-ulang; 2) menandai data gaya bahasa perbandingan yang diperoleh dalam novel; dan 3) mencatat hal-hal yang berkaitan dengan gaya bahasa perbandingan yang terdapat dalam novel. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah sebagai berikut: 1) memeriksa kembali data-data yang telah dikumpulkan; 2) mengindentifikasi dan mengklasifikasi data tentang gaya bahasa perbandingan yang terdapat dalam novel Pingkan Melipat Jarak karya Sapardi Djoko Damono; 3) menganalisis data secara keseluruhan; dan 4) menarik kesimpulan tentang hasil dari data yang diperoleh.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel “Pingkan Melipat Jarak” karya Sapardi Djoko Damono, terdapat 6 (enam) gaya bahasa perbandingan yakni : 1) Gaya Bahasa Persamaan, 2) Gaya Bahasa Metafora, 3) Gaya Bahasa Personifikasi, 4) Gaya Bahasa Sinekdoke (Totum Pro Parte), 5) Gaya Bahasa Metonomia, dan 6) Gaya Bahasa Hiperbola.

Published
2019-01-01
How to Cite
Bole Taba, L., & Jamhar, R. (2019). ANALISIS GAYA BAHASA PERBANDINGAN DALAM NOVEL “PINGKAN MELIPAT JARAK” KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO. JURNAL LINGKO : PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA , 1(1), 55-61. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/lingko/article/view/87