ANALISIS KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DARING (DALAM JARINGAN) DI MASA PENDEMI COVID-19
Abstract
Tahun 2020 menjadi tahun yang berat bagi dunia pendidikan. Semenjak dikeluarkannya kebijakanpemerintah untuk belajar dari rumah karena pandemi covid-19, semua sekolah dituntut untukmenciptakan metode pembelajaran baru yang bisa melayani kebutuhan pendidikan siswa dari rumahatau jarak jauh. Salah satunya adalah metode pembelajaran daring (dalam jaringan). Satu tahuntelah berlalu, namun masih saja terdapat banyak kendala yang dihadapi oleh sekolah dalampenerapan metode belajar daring. Oleh karena itu melalui penelitian deskriptif kualitatif ini, penelitiingin mengkaji keefektifan pembelajaran daring di era pandemi covid-19. Data penelitian diperolehdari hasl observasi, wawancara (guru, siswa, dan orangtua wali siswa), dan dokumentasi (pustaka).Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model analisis Miles dan Huberman,yaitu Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), dan Penarikan Kesimpulan(Conclusion/Verying). Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran tidak berjalansecara efektif. Kurangnya sarana dan prasarana yang disediakan oleh sekolah. Banyak siswa tidakmemiliki Handphone sebagai salah satu alat untuk melakukan pembelajaran online. Komunikasiterjalin kurang lancar akibat jaringan dan ketidakcukupan pulsa data menyebabkan materi menjadisulit dipahami oleh siswa sehinga orang tua dengan latar belakang tidak berpendidikanpundiharuskan membantu anaknya dalam proses belajar.