PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS KARYA ILMIAH BERBASIS MEDIA INTERAKTIF PADA SISWA KELAS XI SMA KATOLIK GIOVANNI KUPANG
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimana prosedur pengembangan bahan ajar teks karya ilmiah berbasis media interaktif pada siswa kelas XI SMA Katolik Giovanni Kupang?(2)Bagaimana kelayakan, kepraktisan dan efektivitas bahan ajar teks karya ilmiah berbasis media interaktif pada siswa kelas XI SMA Katolik Giovanni Kupang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan kefektifan bahan ajar teks karya ilmiah berbasis Media Interaktif pada siswa kelas XI SMA Katolik Giovanni Kupang Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini telah dilakukan di SMA Katolik Giovanni Kupang. Penelitian ini termasuk penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap. Lima tahap tersebut adalah tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation) dan tahap evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi dan angket sedangkan instrument penelitian meliputi lembar angket atau kuesioner, lembar validasi dan soal tes. Teknik analisis data sesuai dengan kriteria kevalidan, kepraktisan dan efektivitas. Berdasarkan hasil penelitian tingkat validitas untuk setiap perangkat yaitu: silabus dinyatakan sangat valid dengan nilai: 3,76, RPP dinyatakan sangat valid dengan nilai: 3,84, bahan ajar berbasis Media Interaktif dinyatakan sangat valid dengan nilai: 3,97, angket respon peserta didik dinyatakan sangat praktis dengan nilai: 3,88 dan angket respon guru dinyatakan sangat praktis dengan nilai: 3,85 dan tingkat efektivitas berkategori tinggi dengan nilai N-gainnya 0,7.