ANALISIS METAFORA PADA TUTURAN RITUAL ADAT TAU NGGUA DI DESA NGALUKOJA KECAMATAN MAUROLE KABUPATEN ENDE

(PERSPEKTIF LINGUISTIK KEBUDAYAAN)

  • Idris Mboka Universitas Muhammadiyah Kupang
Keywords: metafora, tuturan ritual, tau nggua, teori linguistik kebudayaan.

Abstract

Penelitian ini berjudul Analsis Metafora Pada Tuturan Ritual Adat Tau Nggua Di Desa Ngalukoja Kecamatan Maurole Kabupaten Ende (Perspektif Linguistik Kebudayaan. Masalah yang diangkat yakni; 1. metafora apa saja yang terdapat dalam tuturan adat tau ngguan di desa Ngalukoja kecamatan Maurole kabupaten Ende; 2. Imajeri apa sajakan yang terkandung dalam metafora di desa Ngalukoja kecamatan Maurole kabupaten Ende.

Hasil analisis ini mengukapkan bahwa tuturan ritual adat tau nggung mengandung metafora diantaranya; 1.  metafora struktral; 2. metafora orientasional; dan 3. metafora ontologi. Dari hasil analisis metafora dengan menggunakan teori linguistik kebudayaan ditemukan beberapa imajeri di antaranya; 1. imajeri persatuan; 2. imajeri kebersamaan;. 3. imajeri pengharapan; 4. imajeri keyakina; 5. imajeri ketaatan; dan 6. imajeri pemufakatan.

Published
2019-01-01
How to Cite
Mboka, I. (2019). ANALISIS METAFORA PADA TUTURAN RITUAL ADAT TAU NGGUA DI DESA NGALUKOJA KECAMATAN MAUROLE KABUPATEN ENDE : (PERSPEKTIF LINGUISTIK KEBUDAYAAN). JURNAL LINGKO : PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA , 1(1), 11-18. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/lingko/article/view/82