PENGGUNAAN MAKSIM PADA DIALOG GURU DAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI NAUMANG TAHUN AJARAN 2022/2023

  • Idris Mboka Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Abdul Hamid Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Sudiyanto Herodian Yopuwata Universitas Muhammadiyah Kupang
Keywords: Maksim, Dialog, Pembelajaran

Abstract

Masalah penelitian ini ialah bagaimanaa penggunaan maksim pada dialog guru dan siswa kelas VII SMP Negeri Naumang, Kabupaten Alor.Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk pelanggaran maksim pada dialog guru dan siswa pada pembelajaran di Kelas VII SMP Negeri Naumang, Kabupaten Alor. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Sumber Data dalam penelitian ini adalah keseluruhan dialog guru dan siswa pada pembelajaran di Kelas VII SMP Negeri Naumang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara (1) observasi, (2) rekaman. Hasil Peneltian ini berupa pelanggaran maksim pada dialog guru dan siswa pada pembelajaran di Kelas VII SMP Negeri Naumang,Kabupaten Alor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan maksim pada dialog guru dan siswa Kelas VII SMP Negeri Naumang, Kabupaten Alor dominan ditemukan bentuk pelanggaran maksim yang dikelompokkan ke dalam empat maksim, yaitu maksim kuantitas, kualitas, relevansi, dan cara.

Published
2022-08-01
How to Cite
Mboka, I., Hamid, A., & Yopuwata, S. H. (2022). PENGGUNAAN MAKSIM PADA DIALOG GURU DAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI NAUMANG TAHUN AJARAN 2022/2023 . JURNAL LINGKO : PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA , 4(2), 25-40. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/lingko/article/view/1893

Most read articles by the same author(s)