Main Article Content
Abstract
Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penggunaan media komik dapat meningkatkan kemampuan membaca bagi anak tunagrahita ringan di SLB Pembina Kupang. Tujuan penelitian: untuk mendeskripsikan kemampuan membaca anak tunagrahita ringan sebelum diterapkan media komik dan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca anak tunagrahita ringan setelah diterapkan media komik. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Metode yang digunakan adalah metode diskriptif kualitatif. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan media komik dapat meningkatkan kemampuan membaca bagi anak tunagrahita ringan. Hal ini dapat diketahui dari peningkatan kemampuan membaca yakni rata-rata skor sebelum penggunaan media komik 13,1 atau 43,6%, setelah penggunaan media komik rata-rata skor 26,3 atau 87% pada masing-masing aspek (kelancaran, intonasi, pelafalan, kenyaringan).