Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan huruf kapital dalam karangan narasi Siswa Kelas VII/B SMP Muhammadiyah Kupang, Mendeskripsikan penggunaan tanda baca titik (.) dan tanda Koma (,) dalam karangan Narasi Siswa kelas VII/B SMP Muhammadiyah Kupang, danMendeskripsikan penulisan klitikakau-,-ku,-mu-, dan-nya dalam karangan narasi Siswa Kelas VII/B SMP Muhammadiyah Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah hasil tes menulis karangan narasi Siswa Kelas VII/B SMP Muhammadiyah Kupang Tahun Ajaran 2017/2018,  sebanyak 26 siswa.Teknik pengolahan data dilakukan dengan cara; (a) membaca dan memahami karangan siswa. Data yang sudah diperoleh melalui tes, dibaca dan dipahami satu per satu, (b) mengidentifikasi unsur-unsur kesalahan ejaan, terkait dengan penggunaan huruf kapital, penulisan tanda baca titik dan koma, serta klitikakau, ku, mu, dan nya, (c) menganalisis dan mendeskripsikan kesalahan penggunaan ejaan dalam karangan narasi siswa, (d) membahas dan menyajikan bentuk-bentuk kesalahan penggunaan ejaan; dan (e) Menyimpulkan hasil analisis data berupa penyimpangan berbahasa yang terdapat dalam karangan siswa. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan ejaan dalam karangan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kupang berjumlah 525 kasus kesalahan, yang meliputi: (a) kesalahan pemakaian huruf kapital berjumlah 235 data kasus kesalahan, (b) kesalahan pemakaian tanda baca titik berjumlah 93 data kasus kesalahan, (c) kesalahan pemakaian tanda baca koma berjumlah 197 data kasus kesalahan, (d) kesalahan penulisan klitikakau;-ku;-mu;-dannya berjumlah 12 data kasus kesalahan.

Keywords

Analisis, Ejaan, Karangan Narasi

Article Details

How to Cite
Nurlailah, & Abdul Syahril Muh. (2022). ANALISIS PENGGUNAAN EJAAN DALAM KARANGAN NARASI SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH KUPANG. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 7(1), 1-7. https://doi.org/10.59098/jipend.v7i1.686

References

  1. Aristohadi, Sutopo. 2003. Multimedia Interaktif dan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  2. Arikunto, Suharsemi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Chaer, Abdul. 2006. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka.
  4. Dendy, Sugono. 2010. Kamus Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jakarta: PTGramedia Utama.
  5. Djibran, Fahrudin. 2008. Writing Is Amazing. Yogyakarta: Juxtapose.
  6. Enre, Fachrudin Ambo. 1998. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Jakarta:Kanisius.
  7. E. Zaenal Arifin, dan S. Amran Tasai. 2008. Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta:Akademika Pressindo.
  8. Keraf, Goys. 1994. Komposisi. Ende: Nusa Indah.2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka.
  9. Kridalaksana, Harimurti. 1984. Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta:
  10. Mahsun. 2012. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, dan, Tekniknya.
  11. Jakarta: Raja Grafindo.
  12. Moleong, Lexy. J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.
  13. Moeliono, Anton. 1984. Santun Bahasa. Jakarta: Balai Pustaka.
  14. Nuruddin. 2010. Dasar-dasar Penulisan. Malang: UMM Press.
  15. Nursisto. 1999. Penuntun Mengarang. Yogyakarta: Adi Cita.
  16. Pusat Bahasa Kemdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.
  17. Rosidi, Imron. 2009. Menulis Siapa Takut. Yogyakarta: Kanisius.
  18. Ramlan, Abdul Gani dan Mahmudah,
  19. Fitriyah. 2007. Pembinaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.
  20. Sabarti , Akhadiah. 1993. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
  21. Sandjaja, dan Heriyanto. 2006. Panduan Penelitian. Jakarta: Prasasti Pustaka.
  22. Semi, M. Atar. 1990. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.
  23. Suparno, dan M. Yunus. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung: CV Karya Putra Darwati.
  24. Tarigan, Hery Guntur. 1997. Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Depdikbud.